Monday, 29 October 2012

Lomba Ide Gila Aveo: Ada “Permainan” di PT General Motors?

KOMPETISI pengiriman Ide Gila tentang All New Aveo yang diselenggarakan oleh PT. General Motors (GM) menuai protes dan kecaman tajam dari banyak peserta.

Sejak dibukanya kompetisi yang bertajuk: “Be Crazy And Win A New Aveo! Come Out and Play!” ini, maka tercatat ada 3627 ide dari seluruh tanah air masuk ke panitia melalui: Facebook Chevrolet Indonesia.


Dalam timeline, adminnya mengajak para calon peserta agar mengirim ide gila dan kreatif, serta harus berkarakter Indonesia Banget. Bahkan diharapkan agar memberikan ide gila yang belum pernah terjadi.

Karena ide gila ini nantinya akan dijadikan sebuah iklan di televisi yang akan disajikan buat masyarakat Indonesia. Admin pun memberi contoh, bahwa ide gilanya adalah seperti iklan All New Aveo yang telah ada di sejumlah televisi swasta saat ini. Di mana di antaranya terdapat mobil Sonic yang dilempar dari pintu pesawat, dan juga sedang melakukan aksi memutar jungkir balik di udara.

Di Malaysia, mobil hatchback ini dinamai “Sonic” dan di Indonesia dinamai All New Aveo. Sehingga itu, bagi PT. GM menginginkan adanya iklan tersendiri yang tentunya bisa lebih gila dari iklan Sonic di Malaysia tersebut.

Alhasil, setelah para peserta menunggu dari tanggal dibukanya kompetisi (14 Agustus-17 September, yang kemudian diperpanjang hingga 17 Oktober 2012), maka panitia melalui admin di timeline memunculkan 3 finalis, pada Senin 29 Oktober 2012 ini.

Kemunculan 3 finalis yang memiliki ide masing-masing:

1. Mengalami kehidupan sehari-hari bersama Aveo
2. Romantisme bersama Aveo
3. Aveo untuk merayakan kegairahan bermusik!

Praktis, peserta lainnya spontan menjadi gaduh dan mengajukan protes secara tajam melalui komentar-komentar di facebook chevrolet Indonesia tersebut, yakni setelah mengetahui bahwa ide 3 finalis itu jauh dari tema dan judul sebagaimana yang dibesar-besarkan oleh pihak PT. GM melalui panitianya, atau yang dihebohkan di berbagai media cetak lainnya.

Waduh ide gilanya hanya seperti itu?,” ujar Nurhayati Tampubolon bertanya-tanya, salah seorang yang memberikan komentarnya di timeline Facebook Chevrolet Indonesia.

Bagaimana tidak, para peserta sudah melanglang dan menggali ide di kedalam otaknya yang paling dalam hanya untuk mencari ide gila sebagaimana yang diharapkan dan yang digambarkan oleh panitia, tetapi nyatanya yang muncul sebagai finalis adalah hanya ide yang sangat BIASA-BIASA SAJA dan dinilai sangat jauh dari penggambaran oleh panitia seperti pada gambar di atas.

Akibatnya, tidak sedikit peserta yang menduga jangan-jangan pemenangnya memang sudah ada sebelum kompetisi ini dibuka untuk umum. Atau jangan-jangan ada permainan yang tidak sehat dilakukan oleh pihak penyelenggara?